Kamis, 29 September 2011

Cara meningkatkan page rank

Tutorial Bisnis Online untuk Pemula : Cara kerja Page Rank dan Cara cerdas meningkatkan Page Rank Blog.

Cara kerja Page Range.

Cara meningkatkan Pagerank Sebelum memasuki  tutorial cara meningkatkan pagerank Anda wajib mengetahui terlebih dahulu prinsip dasar kerja pagerank, yaitu kepopuleran sebuah situs merupakan kunci utama dari sebuah pagerank karena sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Pagerank antara 1 sampai dengan 10 di hitung dari jumlah hit pengunjung dari sebuah situs, jadi semakin ramai pengunjung sebuah situs maka semakin memiliki nilai pagerank yang tinggi.

Konsep kerja Page Range.

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.
Berikut ini adalah tips jitu beberapa cara untuk meningkatkan pagerank (google pagerank) di blogspot maupun website. …..

Cara cerdas meningkatkan Page Range ( Google Page Range )

Hampir sebagian besar para blogger pemula bahkan mungkin juga webmaster senior menanyakan tentang bagaimana cara meningkatkan page rank ( google pagerank ) di blogspot/website.  Untuk mejawab hal ini sebagai seorang pemula dalam hal blogging dan teknis SEO banyak belajar pada artikel-artikel tentang pembelajaran SEO diinternet. Mungkin jawabannya tidak memuaskan dan membingungkan, dalam artikel blog online bisnis ini hanya bisa memaparkan extractnya teknis SEO yang mungkin hanya bisa jadi bahan analisa untuk mengoptimalkan Page Range.
Hal yang  harus diingat bahwa sampai saat ini google merahasiakan formula untuk menghitung page rank sebuah blogspot (website). Jadi jawaban saya hanya bersifat dugaan. Google menilai page rank sebuah blogspot sebagai sebuah sistem yang berkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya.

Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi page rank :

1. Backlink ( link satu arah dari blogspot lain ke blogspot kita )

Backlink  ini perlu kita perhatikan mencari backlink bukan hanya jumlahnya ( kuantitas ) tetapi juga kualitas link. Semakin banyak jumlah link ke blogspot kita maka akan semakin bagus dan semakin berkualitas link tersebut maka akan semakin bagus.
Link yang berkualitas adalah link yang temanya relevan atau berhubungan dengan tema postingan atau blogspot kita ( perlu diingat google memberikan rank untuk setiap halaman/postingan blogspot ). Secara default google akan menjadikan keyword yang ada di judul postingan blogspot, dan keyword di label sebagai penentu tema postingan.
( Semakin besar perbandingan link masuk dan link keluar akan semakin baik pageranknya ). Perlu diingat mendapatkan satu backlink dari blogspot dengan PR2 lebih baik daripada 10 link dari blog PR1 ( asusmsi blogspot kita PR1 ), demikian juga jika blogspot kita PR2 ( mendapatkan 1 link dari blogspot PR3 lebih baik dari 10 link blog PR2 ), jika blogspot kita PR1 ( maka 1 link dari PR3 lebih baik dari 100 link dari PR1 ),  demikian seterusnya...

Berikut ini adalah beberapa jenis arah link :
  • Link satu arah (inbound link),
  • link dua arah,
  • link satu arah (direct link, outbound link) catatan: Link a lebih baik dari link b, link b lebih baik dari link c
2. Kesehatan link

Kesehatan link sangat perlu kita perhatikan, usahakan 2 bulan sekali melakukan pengecekan terhadap link, kita bisa menggunakan google webmaster tools untuk mendiagnosa link-link yang bermasalah di dalam blogspot kita, yang harus anda perhatikan:

  • death link (link mati), adalah link dari blogspot kita ke halaman lain, dengan halaman tujuan telah dihapus oleh pemiliknya, jadi sebaiknya link seperti ini dihapus saja.
  • error link, ini biasanya disebabkan karena timeout, atau halaman di blogspot kita terhapus, tetapi masih tersimpan di cache google, solusi bersihkan arsip link di chace google, bisa gunakan google webmaster tools untuk menghapus link halaman di cache google
  • Dan berbagai permasalahan link lainnya.

3. Trafik ( banyaknya traffic/pengunjung di blogspot/website kita)


Semakin tinggi trafik akan mempengaruhi atau memperbanyak jumlah klik ke blogspot kita, dan klik link yang ada di dalam blogspot kita.


4. Umur blogspot kita

Biasanya google menempatkan blogspot-blogspot baru atau blogspot yang bermasalah ke dalam sandbox, yaitu penyimpanan sementara (mungkin tempat karantina) jika google menilai blogspot tersebut layak untuk dinilai maka akan dikeluarkan dari sandbox, blogspot yang berumur kurang dari 3 bulan biasanya ditempatkan dulu di sandbox setelah itu akan dibebaskan untuk dinilai, biasanya yang bertahan lama di sandbox adalah blogspot baru yang jarang diupdate atau tidak terurus. Jika dianggapa fatal kemungkinan google akan menghapus blog tersebut.

5. Perubahan heading pada sub artikel yang sudah diindex oleh search engine.

Jika postingan link head1,2,3….Anda telah terindex oleh google dan muncul  search engine , jangan pernah ganti judulnya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan kategori atau judulnya kurang menarik tata bahasanya, karena halaman tersebut akan dapat dibanned dari google.
Silahkan Anda baca juga Faktor-faktor penentu Google PageRank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar